Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide (Nicotinamide) adalah turunan vitamin B3, salah satu senyawa amida aktif dari vitamin yang larut dalam air. Senyawa ini tidak hanya diproduksi secara alami di dalam tubuh, tetapi juga dapat diperoleh dari makanan seperti daging, ikan, susu, telur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan gandum.


Namun, niacinamide larut dalam air. tidak cukup mengkonsumsi niacinamide karena mudah dikonsumsi.Dalam hal ini, suplementasi niacinamide biasanya diperlukan. Dalam dermatologi, niacinamide banyak digunakan untuk mengobati jerawat, bekas jerawat, rosacea, dan agen pencerah kulit. Dermatologis biasanya menggunakan niacinamide dalam bentuk gel atau krim, dengan konsentrasi bervariasi antara 2% dan 5%.

Senyawa ini bekerja dengan menghambat pelepasan bahan kimia dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Niacinamide juga memperlambat proses perpindahan melanosom dari melanosit ke keratinosit, sehingga menghasilkan efek pencerah kulit. Secara umum, senyawa ini juga membantu membangun protein kulit dan ” mengunci “kelembaban di kulit, secara efektif melindunginya dari kerusakan.

 

Manfaat Niacinamide untuk menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat yang dapat diobati dengan niacinamide adalah bekas jerawat yang berwarna kemerahan atau cokelat.Sebaliknya, bekas luka atau jerawat yang tidak dapat diobati dengan niacinamide atau obat topikal lainnya.Karena itu diperlukan intervensi medis untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak.

Bintik kecoklatan sendiri timbul karena adanya respon inflamasi yang merusak sel basal keratinosit. Kerusakan ini menyebabkan kelebihan produksi melanin, pigmen kulit. Hiperpigmentasi kulit terjadi ketika melanin diproduksi secara berlebihan. Hal ini membuat kulit menjadi kemerahan, kecoklatan atau bahkan gelap.

Kabar baiknya: Studi in vitro menunjukkan bahwa niacinamide secara signifikan dapat mengurangi pembentukan melanin berlebih di dalam sel. Dengan demikian, niacinamide dapat digunakan sebagai suplemen untuk mengobati jerawat dan bekas jerawat, senyawa yang dapat digunakan.

 

Cara Menggunakan Niacinamide

Niacinamide merupakan senyawa yang aman digunakan pada semua jenis kulit. Namun demikian, aplikasi harus responsif terhadap indikasi.

Senyawa ini dapat digunakan 1-2 kali sehari. Sebelum digunakan, cuci tangan terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk bersih. Setelah itu, oleskan niacinamide dalam jumlah yang sesuai ke area yang bermasalah. Untuk hasil terbaik, gunakan niacinamide secara teratur setidaknya selama 8-12 minggu. Senyawa ini juga dapat digunakan sebagai pengobatan yang berdiri sendiri atau dalam kombinasi dengan produk perawatan kulit lainnya.

Jangan gunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide pada area kulit dengan luka terbuka.Tidak hanya memperburuk keadaan, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit lain, efek samping yang lebih berbahaya.

 

Efek Samping Niacinamide yang Perlu Diwaspadai

Niacinamide efektif dalam mengobati jerawat dan menghilangkan bekas luka, tetapi juga dapat menyebabkan efek samping. Namun, efek samping yang terjadi biasanya ringan dan cepat hilang. Beberapa efek samping niacinamide yang harus diwaspadai adalah

  1. Reaksi gatal ringan
  2. Ruam merah

Pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati saat menggunakan niacinamide. Disarankan untuk mencoba tes sensitivitas terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang serius. Sederhana saja. Oleskan sedikit produk niacinamide ke lengan Anda selama 24 jam. Jika tidak ada respons, itu dapat digunakan apa adanya.

Arbutin

Tak sedikit wanita yang menggunakan beragam produk kecantikan untuk menjaga kulitnya tetap putih, halus, dan bercahaya.Salah satu bahan pemutih yang aman digunakan adalah arbutin.

Arbutin merupakan turunan hidrokuinon yang sangat efektif sebagai pengobatan topikal atau topikal untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit dan sering digunakan sebagai bahan utama.

Asal Mula Arbutin dan Ragam Manfaatnya

Arbutin berasal dari daun kering beberapa jenis tanaman, termasuk bearberry, bilberry, lingonberry, dan pohon pir. Arctostaphylos uvaursi, juga dikenal sebagai bearberry, adalah tanaman semak yang tumbuh di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Selain sebagai agen pencerah kulit, daun tanaman ini juga digunakan dalam pengobatan untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, dan batu ginjal..

Sangat efektif dalam menghambat pembentukan pigmen yang memberi warna.Semakin banyak melanin, semakin gelap kulitnya. Oleh karena itu, arbutin dianggap sebagai agen pencerah kulit yang efektif

Dalam penelitian selama sebulan terhadap 80 wanita Cina yang menggunakan konsentrasi 1% alfa arbutin, hasil pencerah kulitnya sangat mengesankan. Karena ekstrak bearberry mengandung filter tabir surya, maka dapat juga digunakan sebagai bahan anti penuaan untuk kulit.

Arbutin telah terbukti sebagai produk depigmentasi yang populer dan tidak mengiritasi kulit.Arbutin dikenal sebagai agen antiinflamasi dan antibakteri serta menghambat melanogenesis melalui efek penghambatan tirosinasenya. Ekstrak licorice dan arbutin dapat ditoleransi dengan baik dan tidak menyebabkan iritasi. Arbutin dikenal sebagai zat pemutih yang lebih aman daripada senyawa hidrokuinon dan merkuri. Alpha-arbutin adalah generasi terbaru dalam industri kosmetik, senyawa biosintetik murni yang larut dalam air.

Arbutin bekerja melalui mekanisme yang menghambat biosintesis melanin di lapisan epidermis dengan menghambat oksidasi enzimatik tirosin dan dopa. Alpha Arbutin telah terbukti lebih efektif, lebih cepat dan aman untuk digunakan sebagai pencerah kulit.

Arbutin memiliki banyak manfaat dan ditemukan sebagai senyawa yang tidak berbahaya. Arbutin cocok untuk digunakan dalam kosmetik dan perawatan kulit dengan dosis yang seimbang.

Tidak heran jika arbutin adalah salah satu bahan pencerah kulit yang paling direkomendasikan di dunia dibandingkan dengan bahan pemutih lainnya di dunia.

Cara Menggunakan Krim Pemutih Kulit dengan Aman

Sebelum menggunakan krim pencerah kulit yang mengandung arbutin, penting untuk dipahami bahwa krim tersebut mungkin juga mengandung bahan lain. Oleh karena itu, Anda harus membaca label kemasan dengan cermat. Pastikan tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Di bawah ini adalah cara pasti untuk menggunakan krim pencerah kulit.

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah menggunakan Skin Lightening Cream.
  • Oleskan Skin Lightening Cream 1-2 kali sehari hanya pada area gelap seperti lengan dan wajah
  • Jangan mengoleskan krim pencerah kulit di sekitar mata dan mulut.
  • Jangan menyentuh atau menyentuh kulit orang lain secara langsung setelah menggunakan Skin Lightening Cream.
  • Selalu ikuti petunjuk penggunaan Skin Lightening Cream pada kemasan.

Untuk manfaat pemutihan yang maksimal, gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, makan makanan yang seimbang, banyak minum air putih, berhenti merokok, kelola stres dengan baik, dan tidur yang cukup.

Aman menggunakan krim pencerah kulit yang mengandung arbutin, tetapi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Untuk menghindari efek negatif dari memutihkan kulit Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang jenis krim pemutih yang terbaik untuk kondisi kulit Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *